Resep Gemblong ketan gula merah Yang Gurih

Gemblong ketan gula merah. Kue tradisional ini namanya Gemblong, terbuat dari tepung ketan putih. Tekstur luar garing, tp dalamnya lembuttt. Resep Gemblong Beras Ketan Dan Kue Gemblong Ketan Hitam Lengkap Cara Membuatnya Supaya Empuk.

Gemblong ketan gula merah Itulah sajian cemilan nikmat kue gembong dari resep kue gemblong ketan putih gula merah. Semoga resep di atas dapat membantu anda dalam. Kudapan ini terbuat dari adonan campuran tepung ketan, kelapa parut, dan santan. Cara membuatnya tidak sulit Gemblong ketan gula merah menggunakan 10 bahan dan 4 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Gemblong ketan gula merah

  1. Dibutuhkan bahan utama :.
  2. Dibutuhkan 200 gr tepung ketan putih.
  3. Dibutuhkan 65 ml santan kental (kara).
  4. Siapkan sejumput garam.
  5. Siapkan 65-70 ml air.
  6. Dibutuhkan bahan pelapis :.
  7. Siapkan 100 ml air.
  8. Siapkan 100 gr gula merah.
  9. Dibutuhkan 50 gr gula pasir.
  10. Siapkan sejumput garam.

Adonan dibentuk kecil pipil, digoreng hingga matang, kemudian dibalur seluruh permukaannya dengan lelehan gula merah. Gemblong merupakan makanan tradisional yang dibuat dari ketan dan lapisan gula merah yang sangat legit. Seiring dengan perkembangan jaman, gemblong tidak hanya dibuat dari bahan tepung beras ketan putih saja. Akan tetapi ada juga yang terbuat dari tepung beras hitam dan singkong.

Cara Pembuatan Gemblong ketan gula merah

  1. Campur tepung ketan, garam,santan dan air sedikit demi sedikit hingga kalis..
  2. Bentuk bulat pipih atau sesuai selera,masukkan ke dalam wajan yg sudah di isi minyak dingin.jangan terlalu banyak memasukkan adonan gemblong,pastikan seluruh bagian adonan terendam minyak.lalu nyalakan api yg sangat kecil (proses ini agar gemblong tidak meletus saat digoreng) dan goreng hingga kuning kecoklatan..
  3. Ulangi proses tadi hingga adonan gemblong habis..
  4. Campurkan semua bahan pelapis & masak dengan api sedang,aduk sesekali agar cair merata.jika sudah mencair seluruhnya & sedikit mengental matikan api lalu masukan gemblong dan aduk terus sampai bahan pelapis benar benar menempel & kering baru diangkat dari wajan,selesai..

Kue gemblong merupakan salah satu jajanan khas Nusantara yang berbahan dasar tepung ketan dengan diberikan lapisan gula merah. Sayangnya, saat ini keberadaan kue gemblong sudah semakin jarang. Eksistensi kue gemblong menjadi kehilangan pamornya sejak banyaknya bermunculan. Resep cara membuat gemblong dilapisi gula merah, rasanya enak sekali. Luarnya renyah manis, dalamnya lembut gurih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Gemblong ketan gula merah Yang Gurih"

Posting Komentar

close