Resep Candil tepung ketan Anti Ribet

Candil tepung ketan. Beberapa waktu lalu dapat bubur Candil. Jujur saya baru tau nama kudapan ini setelah kejadian itu, karena beliau bilang hidangan itu namanya Bubur Candil dan terbuat dari tepung ketan. Terinspirasi dari pemberian tetangga saya mencoba membuatnya dengan tangan sendiri.

Candil tepung ketan Cara Membuat Bubur Candil Ketan : Langkah pertama dalam membuat bubur candil adalah membuat bola-bolanya terlebih dahulu. Caranya dengan mencampur tepung ketan dan tepung tapioka. Setelah itu tuangkan air panas sampai tepung menjadi lembek dan bisa dibentuk. Cara membuatnya tidak susah Candil tepung ketan menggunakan 8 bahan dan 8 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Candil tepung ketan

  1. Siapkan 250 gr tepung ketang.
  2. Siapkan 100 gr tepung tapioka.
  3. Dibutuhkan Gula merah 250 gr (2 gandu).
  4. Siapkan Santan (kara).
  5. Dibutuhkan 2 sdm tepung tapioka.
  6. Dibutuhkan Garam.
  7. Siapkan 3 lembar daun Pandan.
  8. Dibutuhkan 1 1/2 liter air.

Selanjutnya, masukkan bola candil ke dalam kuah gula merah yang sudah mendidih. Bubur dengan isian bulatan-bulatan kecil berwarna cokelat dan kenyal serta legit ini, merupakan ciri khas utama bubur candil. Siraman kuah santan kental menjadi pelengkap makanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan ini. Kombinasi rasa gurih serta manisnya gula merah yang menyatu dalam bubur candil ini membuat ketagihan bagi siapa saja yang menyantapnya, apalagi disajikan saat masih hangat.

Langkah Pembuatan Candil tepung ketan

  1. Pertama larutkan gula merah ke dalam ½ liter air dengan 1 lembar daun pandan. Jiga sudah larut, saring larutan & tiriskan.
  2. Campurkan tepung ketan+tepung tapioka menjadi satu & tambahkan 1 sdt garam. Lalu ratakan/aduk2 tepung..
  3. Masukan air adem sedikit demi sedikit dahulu ke dalam tepung sampai adonan bisa di uleni. Bentuk² adonan mnjdi bulat/bebas sesuai keinginan..
  4. Panaskan 1 liter air bersama 2 lembar daun Pandan & tambahkan larutan gula merah tadi sampai mendidih, lalu masukan adonan bulat ke dalamnya. (Api sedang).
  5. Masukan 1 sdt garam ke dalam kuah adonan candil,jika adonan sudah mengapung semua berarti sudah matang. Lalu,Larutkan 2 sdm tepung tapioka ke dalam mangkok dgn air adem lalu aduk2..
  6. Tes rasa terlebih dahulu sesuai keinginan apakah ingin benar2 manis atau cenderung agak gurih. Lalu masukan larutan tepung tapioka tadi ke dalam kuah candil & aduk2 sampai terlihat mengental. (Kekentalan sesuai selera yaaa). Jiga sudah, matikan api..
  7. Panas & Larutkan santan kara dgn ½ gelas air & msukan ½ sdt garam. Jiga sudah matikan api..
  8. Sajikan kolak candil dengan campurkan santan sesuai selera yaaa selagi hangat.....

Resep Cara Membuat Kolak Candil Ketan Enak dan Kenyal - Candil adalah nama jenis makanan yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat kecil dan biasa direbus dengan gula merah juga sajikan dengan santan kelapa kental. Candil tepung ketan juga biasa disebut dengan nama lain dari bubur biji salak atau kolak biji salak, karena bentuk dan ukurannya yang bulat menyerupai biji salak. Cara Membuat Bubur Candil Ketan Pertama-tama dalam membuat bubur candil adalah membuat bola-bolanya terlebih dahulu. Caranya dengan cara mencampur tepung ketan dan tepung tapioka menjadi satu sampai merata. Setelah itu tuangkan air panas sampai tepung menjadi lembek dan bisa untuk dibentuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Candil tepung ketan Anti Ribet"

Posting Komentar

close