Resep Hintalu Karuang Yang Renyah

Hintalu Karuang. Bubur Hintalu karuang adalah bubur khas asal Kalimantan Selatan, biasanya bubur ini berwarna putih, tapi kali ini saya ingin membuatnya memakai pewarna dari. Lalu masukkan bulatan hintalu karuang yang dibuat. Masak hingga bulatan hintalu karuang mengapung.

Hintalu Karuang Apabila masih kurang, Anda bisa menambahkan takaran bahan dan bumbu dalam resep hintalu karuang khas Kalimantan Selatan. Lalu masukkan bulatan hintalu karuang yang dibuat. Masak hingga bulatan hintalu karuang mengapung. Cara membuatnya tidak sulit Hintalu Karuang menggunakan 10 bahan dan 4 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Hintalu Karuang

  1. Dibutuhkan 200 gr tepung ketan putih.
  2. Siapkan 200 ml air.
  3. Dibutuhkan Pasta pandan (gx punya, jdi ganti warna lain).
  4. Dibutuhkan Bahan kuah:.
  5. Siapkan 300 ml air.
  6. Dibutuhkan 100 gr gula merah (me: 5sdm).
  7. Siapkan 25 gr gula pasir (me:3sdm).
  8. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.
  9. Dibutuhkan 2 lembar daun pandan.
  10. Dibutuhkan 65 ml santan kara +250ml air (skip, santan saya masak terpisah).

Terakhir, masukkan larutan tepung beras agar kuah menjadi kental. Jika sudah mengapung seperti gambar dibawah ini maka matikan api. Lihat juga resep Hintalu Karuang "Merdeka" enak lainnya. Lihat juga resep Bubur Hintalu Karuang Labu Kuning enak lainnya!

Langkah Pembuatan Hintalu Karuang

  1. Uleni tepung ketan dgn air hingga kalis. Buat bulatan sebesar kelereng. Beri tepung pada piring untuk meletakan bulatan adonan agar tidak lengket..
  2. Rebus air bersama gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Masukan bulatan ketan biarkan mengapung. Tambahkan santan biarkan air kuah menyerap dalam bulatan, smbil terus diaduk agar santan tidak pecah..
  3. Masak terus hingga mendidih, gunakan api sedang, koreksi rasa..
  4. Angkat dan Siap disajikan..

Makna dibalik nama makanan ini sangat unik lho! Hintalu artinya telur sedangkan Karuang artinya kelelawar. Bukan berarti makanan ini terbuat dari telur kelelawar kok. Namun bentuknya bulat dan berukuran kecil menyerupai telur kelelawar. Hintalu Karuang ini cara bikinnya juga mudah ya mom begiti juga dengan bahan-bahan yang digunakan InsaAllah mudah untuk di dapat, untuk isian hintalu karuang ini juga bisa ditambahkan dengan buah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Hintalu Karuang Yang Renyah"

Posting Komentar

close