Resep Jadah Tepung Ketan Kekinian

Jadah Tepung Ketan. Aseekk nemu 'cara sesat' bikin Jadah/Uli pake tepung ketan. Kukuslah ketan setengah matang terlebih dahulu, angkat kemudian aduk dengan air panas sampai air habis terserap, kemudian beri kelapa parut dan garam dan jika sudah kukuslah sampai matang. Tepung ini tepung yang terbuat dari beras-beras ketan hitam atau putih, dengan cara digiling / ditumbuk / dihaluskan.

Jadah Tepung Ketan Jadah merupakan kue tradisional yang sering kita temui di berbagai acara, seperti lamaran, pernikahan dan khitanan. Para pedagang kaki lima juga banyak yang menjajakan jadah dengan cara dibakar atau biasa kita sebut jadah bakar.. Makanan ini terbuat dari tepung ketan, santan kental, gula pasir atau merah yang dicampur menjadi satu lalu. Cara membuatnya tidak sulit Jadah Tepung Ketan menggunakan 6 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Jadah Tepung Ketan

  1. Dibutuhkan 250 gram tepung ketan.
  2. Siapkan 70 gr kelapa parut.
  3. Siapkan 200 ml santan.
  4. Dibutuhkan 1 sdt garam.
  5. Dibutuhkan 2 sdm gula pasir (me: 1 sdm).
  6. Siapkan Secukupnya serundeng untuk taburan (me:abon sapi).

Selain tepung beras, tepung ketan juga sering digunakan di berbagai daerah. Tekstur kue yang dihasilkan pun lebih kenyal dan pulen, bahkan tanpa tambahan banyak tepung tapioka atau kanji. Ada dua jenis tepung beras ketan di Indonesia, yakni tepung ketan putih dan tepung ketan hitam. Tepung yang mempunyai ukuran lebih halus mempunyai penyerapan air yang lebih tinggi.

Cara Pembuatan Jadah Tepung Ketan

  1. Campur semua bahan jadi satu,aduk rata (kelapanya sy pake yg setengah tua yg di parut panjang).
  2. Oles loyang atau wadah tahan panas dg minyak goreng. Kemudian tuang adonan.
  3. Kukus selama 30 menit,tutup kukusan alasi dg serbet bersih yaa.
  4. Tunggu hingga dingin,keluarkan dr loyang.
  5. Potong2 sesuai selera (alasi pisau dengan plastik ya).
  6. Taburi dg abon sapi. Sajikan😊.

Kerusakan pati pada tepung yang berukuran lebih kasar akan lebih rendah daripada tepung yang lebih halus. Komposisi kimia tepung beras ketan hampir sama dengan komposisi kimia beras ketan utuh. Nasi ketan ini sudah pulen sehingga tidak perlu menambah dengan tepung tapioka ataupun tepung maizena. Sajikan nasi ketan putih ini dengan kelapa muda parut + sedikit garam. Salah satu jajanan pasar dengan bahan tepung ketan ini adalah kue bugis atau sering disebut sebagai lapek bugis, anda ingin mencobanya, bisa ikuti resep kue bugis Terbuat dari beras ketan yang dikombinasikan dengan tepung beras, klepon kemudian diisi dengan air gula merah dan dilapisi dengan parutan kelapa, sensasi kenyal dari adonan klepon dan manisnya gula merah yang pecah di mulut membuatnya menjadi favorit banyak orang..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Jadah Tepung Ketan Kekinian"

Posting Komentar

close