Resep Semar mendem Yang Enak

Semar mendem. Semar mendem (bahasa Jawa: Semar mabuk) adalah sejenis lemper yang tidak dibalut dengan daun. Sebagai pembalutnya, digunakan semacam dadaran atau crepe yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang dipanaskan dengan cepat sehingga bentuknya memadat. Semar mendem yang merupakan salah satu kue tradisional yang ada di indonesia, terbuat dari bahan ketan putih yang telah diaron dengan campuran santan dan juga garam lalu di kukus.

Semar mendem Resep Semar Mendem Sapi enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan mudah diikuti. Semar mendem adalah sejenis lemper yang tidak dibalut dengan daun. Cara membuatnya cukup mudah Semar mendem menggunakan 25 bahan dan 5 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Semar mendem

  1. Dibutuhkan Bahan ketan:.
  2. Dibutuhkan 1 kg beras ketan cuci lalu rendam selama 2 jam.
  3. Dibutuhkan 500 ml santan.
  4. Siapkan 1 sdt garam.
  5. Siapkan Bahan isian:.
  6. Siapkan 500 gr ayam fillet.
  7. Siapkan 1 saset santan kara.
  8. Dibutuhkan secukupnya Air.
  9. Siapkan 4 butir Bawang putih.
  10. Siapkan 4 siung bawang merah.
  11. Siapkan 1 sdt merica.
  12. Siapkan 5 butir kemiri.
  13. Dibutuhkan 2 lembar daun salam.
  14. Dibutuhkan 2 batang serai geprek2.
  15. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  16. Siapkan secukupnya Garam.
  17. Siapkan 2 sdt Gula.
  18. Dibutuhkan secukupnya Penyedap.
  19. Siapkan Bahan kulit:.
  20. Siapkan 8 butir telur.
  21. Dibutuhkan 200 tepung terigu.
  22. Siapkan 6 sdm tepung maizena.
  23. Siapkan 1 saset susu bubuk dencow.
  24. Dibutuhkan 1 saset santan kara.
  25. Siapkan 600 ml air.

Sebagai pembalutnya, digunakan semacam dadaran atau crepe yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang. Semar mendem which is lemper wrapped in thin omelette. A variant snack almost identical to lemper is called semar mendem. Both are glutinous rice filled with shredded seasoned chicken.

Langkah Pembuatan Semar mendem

  1. Bahan isian:rebus ayam lalu angkat biarkan agak dingin lalu suwir2 dan sisihkan.
  2. Haluskan bumbu,lalu panaskan minyak dan tumis dlbumbu,serai,daun jeruk dan daun salam smpai harum,lalu masukkan santan dan air aduk2 dan masukkan garam,gula dan penyedap lalu masak smpai air menyusut dan sedikit kering sisihkan.
  3. Buang air rendaman ketan lalu kukus,lalu didihkan santan dan beri garam,setelah ketan tanak lalu masukkan kedalam santan rebus dan kukus kembali sampai matang.
  4. Kulit;campur semua bahan sampai rata,lalu cetak dalam teflon sampai habis lakukan.
  5. Lalu ambil ketan secukupnya dan beri isian ayam lalu bulatkan dan ambil kulit lalu gulung seperti dadar gulung lakukan smpai selesai...

Resep Semar Mendem, Serupa Tapi Tak Sama dengan Lemper. Terlihat serupa, semar mendem punya perbedaan dengan lemper. Terasa lebih gurih dan sedap karena berbungkus telur dadar tipis. Semar mendem yang merupakan salah satu camilan khas Jawa ini mudah dibuat, kok. Yup, saking enaknya, sang semar (tokoh perwayangan) pun dibuat mendem , atau mabuk, ketika menyantapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Semar mendem Yang Enak"

Posting Komentar

close